Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mengatasi HP yang terendam Air

Tips Mengatasi HP yang terendam Air
Penanganan terhadap HP yang terendam air terkadang tidak benar sehingga alih-alih ponsel tersebut membaik justru bisa mengakibatkan kerusakan yang parah terhadap ponsel itu sendiri. Apakah anda pernah mengalami HP anda terendam air? Apakah bisa kembali membaik?

Bagi sebagian orang mungkin telah mengalami hal ini dan sudah mencoba beberapa langkah setelah itu  ponsel pun kembali menyala. Nah, bagi anda yang belum pernah mengalami hal ini, untuk jaga-jaga kalau-kalau terjadi hal seperti ini berikut adalah Tips mengatasi HP yang terendam air :

1. Segera ambil ponsel yang terendam air
Ketika ponsel terendam air segera ambil, walaupun kelihatannya tertutup rapat namun air bisa dengan cepat merembes hingga kedalam ponsel. Inilah detik-detik yang menentukan hidup matinya sebuah ponsel dalam menghindari konsleting yang dapat menyebabkan kerusakan.

2. Jangan nyalakan ponsel
Setelah ponsel baru saja di angkat dari air, janganlah terlebih dulu menyalakan ponsel tersebut. Jangan tergesa-gesa mengetahui apakah ponsel tersebut masih hidup atau sudah mati. Justru ketika ponsel baru terkena air kemudian dinyalakan akan memicu konsleting listrik yang dapat menyebabkan ponsel mati.

3. Lepas semua casing atau cover
Sebenarnya yang menyebabkan ponsel tersebut rusak bukanlah rendaman air tetapi korsleting listrik. Air bisa menjadi salah satu pemicunya. Ketika dalam bak air ponsel terendam, kemudian air tidak masuk kedalam komponen ponsel tersebut maka tidak akan terjadi apa-apa bagi ponsel. Tapi sebaliknya walau terkena sedikit hujan atau genangan air atau pun keringat apabila masuk ke dalam komponen maka bisa memicu kerusakan komponen karena korsleting listrik.

Nah untuk menghindari korsleting tersebut, ada baiknya anda melepas semua casing atau cover ponsel, ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa air yang mungkin menempel di casing dan bisa memicu korsleting.

4. Keringkan ponsel anda
Setelah semua casing dan cover di buka, maka yang harus anda lakukan adalah mengeringkan ponsel tersebut. Bisa anda jemur di bawah sinar matahari atau juga bisa bersihkan dengan handuk kemudian gunakan vacuum cleaner (penyedot debu).

Hal-hal yang harus anda perhatikan yaitu jangan sampai tersangkut di sela-sela permukaan ponsel ketika membersihkan dengan handuk. angan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat ke ponsel karena alat ini menghasilkan listrik statis yang bahkan lebih berbahaya untuk ponsel dibandingkan air sekalipun.

Jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) atau benda apa pun yang sifatnya meniupkan angin. Alat-alat tersebut bisa mendorong air dan kelembaban lebih jauh ke dalam ponsel sehingga berpotensi memperparah kerusakan.

5. Lepas kartu SIM dan memori card
Air yang basah bisa memicu korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal yang dapat membuat kerusakan pada keduanya. Setelah dikeluarkan keringkan dengan dilap dan jemur sebentar. Kadang data-data yang ada didalam memori atau kartu SIM lebih penting daripada ponsel sendiri.

6. Jangan coba ambil ponsel yang terendam ketika di cas.
Ketika ponsel anda terendam air dan kondisi ponsel masih dalam keadaan terhubung dengan arus listrik, jangan langsung ambil ponsel anda. Alih-alih menyelamatkan ponsel justru malah nyawa anda akan terancam.

Matikan listrik terlebih dahulu kemudian anda ambil ponsel tersebut.

7. Coba nyalakan ponsel
Setelah berusaha melakukan cara-cara yang sudah di sebut di atas, langkah selanjutnya adalah menyalakan ponsel. Pastikan semua komponen benar-benar kering, setelah itu pasang casing dan cover. Insya Allah ponsel akan kembali menyala.

Jika cara-cara di atas belum bisa menyelamatkan ponsel anda, segera hubungi tempat servis. Jangan coba melakukan sendiri tanpa dibimbing oleh profesional.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips and Tricks dengan judul Tips Mengatasi HP yang terendam Air. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setiawanberbagi.blogspot.com/2013/01/tips-mengatasi-hp-yang-terendam-air.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Balqish AnNur Qaisyah - Rabu, 23 Januari 2013
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Tips Mengatasi HP yang terendam Air"

Posting Komentar