Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah Android sebelum Menguasai Dunia

Siapa sih yang tak kenal sistem operasi Android? Memang baru-baru ini keberadaannya sedanga banyak dibicarakan oleh setiap orang khususnya bagi para pecinta gadget. Sistem operasi Android dikembangkan oleh salah satu mesin pencari nomer satu di dunia, Google. Namun bukan berarti Google yang menciptakan Android. Bagaimana sejarah Android sehingga bisa seperti sekarang ini. Yukk lanjutkan bacanya.

Sebelum diakui Google, Android di ciptakan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003. Pendiri Android Andy Rubin punya hubungan dekat dengan salah satu pemilik Google yaitu Larry Page. Keduanya sempat bertemu dan berbincang di lobi perusahaan Google pada tahun 2005.

Seiring berjalannya waktu keduanya sering membahas tentang masa depan dunia internet. Andy Rubin kemudian memamerkan Android kepada Larry Page. Andy Rubin yakin suatu saat nanti popularitas ponsel akan lebih banyak diminati daripada PC, untuk itulah Android diciptakan. Kemudian Larry Page menyetujui dan mendukung pengembangan sistem operasi Android milik Andy Rubin. Kala itu Windows Mobile sedang tumbuh dengan sangat cepatnya, takut akan tersingkir dari persaingan Larry Page, pendiri Google segera mengambil langkah untuk mengimbangi dominasi Windows Mobile.

Kemudian Android resmi di beli Google pada bulan Juli 2005 dengan kisaran harga sekitar USD 50 juta. Jagat teknologi pun dipenuhi spekulasi apa yang akan dilakukan Google dengan Android. Banyak yang mengira Google akan merilis handset dengan merek sendiri.

November 2007, Google mengadakan konferensi pers. Ternyata tidak ada Gphone diluncurkan. Namun diumumkan terbentuknya Open Handset Alliance yang didirikan Google bersama 34 perusahaan lain, untuk mengembangkan OS Open Source.

Beberapa minggu kemudian Google meluncurkan software developer kit Android gratis di websitenya. Peluncuran ini semakin membuktikan bahwa Google akan merilis OS yang akan digunakan oleh banyak vendor.

HTC, Motorola dan LG kemudian mengumumkan rencana produksi handset bersistem operasi Android. Dan ponsel pertama kali yang keluar dengan menggunakan Android adalah T-Mobile G1 besutan HTC. Ponsel ini digadang-gadang bakal menggoyang dominasi smartphone Apple iPhone ataupun BlackBerry. Namun pada faktanya ponsel ini belum bisa mengimbangi popularitas iPhone.

Pada akhir 2008, grup Open Handset Alliance yang didirikan Google untuk mendukung pengembangan Android berhasil menggaet 14 anggota baru yang terdiri dari berbagai perusahaan bidang teknologi. Salah satu dari mereka adalah Sony Ericsson, ARM, Asustek, Garmin, Huawei Technologies, Toshiba, dan Vodafone.

Beberapa ponsel setelah HTC kemudian mengikut LG, Motorola, dan Samsung yang berminat memproduksi ponsel bersistem Android. Dan tak disangka-sangka ternyata Android berada pada puncak popularitasnya ketika Samsung mengeluarkan Seri Galaxy Tab pada tahun 2010.

Vendor lain pun mulai berlomba-lomba memproduksi ponsel android, iPhone yang semula sempat tertinggal pun berkat kehadiran Android kini telah menguasai 59% pasaran di segmen sistem operasi ponsel global.

Misi Google adalah membuat semakin banyak orang akan mengakses layanan Google dari Android. Karena suatu saat nanti popularitas ponsel akan menggantikan PC. Dan sekarang sudah telah terlihat tanda-tandanya.

Baca Juga:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info Menarik dengan judul Sejarah Android sebelum Menguasai Dunia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setiawanberbagi.blogspot.com/2012/10/sejarah-android-sebelum-menguasai-dunia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Balqish AnNur Qaisyah - Kamis, 04 Oktober 2012
Comments
1 Comments

1 Komentar untuk "Sejarah Android sebelum Menguasai Dunia"