Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingkah Anti Virus bagi Komputer?

Beberapa hari yang lalu komputer di rumah sempet di serang oleh banyak virus-virus usil. Ada banyak jenis virus yang dengan bebasnya berkeliaran di sana. Salah satu penyebabnya adalah karena dulu saya tidak memasang anti virus yang bagus pada komputer.

Pada awalnya saya mengira bahwa dengan hanya mengistal anti virus gratisan yang berlambang segitiga hijau  komputer sudah aman dari virus. Namun setelah sekitar 3 bulan berjalan sejak menginstal PC, ada banyak jenis virus-virus yang membuat kinerja komputer menjadi terganggu.

Untuk anda yang kurang memperhatikan kesehatan komputer anda berhati-hatilah bahwa di luar sana ada banyak sekali virus komputer usil yang dapat mengancam kesehatan komputer anda. Saya sarankan agar mengistal anti virus yang teruji kemampuannnya dalam memberantas virus-virus lokal maupun internasional seperti Avira, Avast, Ansav, atau pun anti virus lainnya. Jangan lupa juga lakukan update secara berkala, minimal sebulan sekali. Karena tahukah anda? Setiap hari ada ratusan jenis virus baru yang di buat oleh orang-orang setengah gelo yang tidak bertanggung jawab.

Jenis virus yang saya temui pada waktu itu ada banyak sekali mulai dari Virut.Gen, Worm, sampai dengan Trojan. Bayangkan, saking banyaknya, ada beberapa virus yang sengaja menginfeksi beberapa program windows yang akhirnya membuat kinerja komputer sangat terganggu. Lucunya ketika saya menginstal Anti Virus updatean terbaru Avira, tak henti-hentinya anti virus ini menscan dan menemukan virus. Dan ketika terdeteksi dan kemudian Avira meRemove nya, beberapa .exe atau pun .dll yang ada di windows atau pun sistem jadi ikutan terhapus. Haduhh..

Tahukah apa yang terjadi? Menu Start pada tampilan Windows serta Ikon di sebelah kanan tiba-tiba hilang. Tampilannya berubah seakan-akan mirip dengan OS Windows 95. Kemudian komputer hang sembari avira masih berbunyi klik.klik.klik menandakan ia mendeteksi virus yang tiada hentinya. Hahaha.

Beberapa waktu kemudian saya install ulang lagi tuh PC. Saya kira sudah sembuh dan terbebas dari virus. Makanya saya tidak menginstal anti virus sekelas avira dan avast. Namun, beberapa minggu kemudian komputer kembali ngadat. Sama seperti yang dulu penyakitnya. Saya hampir frustasi untuk begitu saja memformat semua hardisk karena saya pastikan semua Drive sudah terinfeksi virus.

Hari kemudian saya install ulang komputer lagi. Namun step nya saya ganti tidak seperti dulu. Setelah menginstall Windows dan Driver Motherboardnya dengan terlebih dahulu saya menginstal avira. Saya scan semua drive hardisk. Disitu ada lebih dari 250 virus dengan berbagai jenis terdeteksi. Setelah itu saya update secara manual anti virus avira. Dengan mendownload terlebih dahulu data base nya di warnet. Anda bisa juga melakukannya klik disini. Dan eng..ingg.engg komputer saya kembali normal sampai sekarang.

Sejak saat itu saya menyadari betapa pentingnya anti virus bagi keberlangsungan komputer kita terutama anti virus yang sudah teruji kemampuannya dalam membasmi virus-virus jahat di komputer. So, sekarang segera install anti virus di komputer anda dan lakukan update secara berkala.

Sekian dulu sharing kali ini.
Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips and Tricks dengan judul Pentingkah Anti Virus bagi Komputer?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://setiawanberbagi.blogspot.com/2012/09/pentingkah-anti-virus-bagi-komputer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Balqish AnNur Qaisyah - Kamis, 06 September 2012
Comments
3 Comments

3 komentar untuk "Pentingkah Anti Virus bagi Komputer?"

  1. saya menggunakan eset smart security n bagus.

    BalasHapus
  2. gan kok avira saya tampilannya berubah seperti windows 95 kebawah . Mohon bantuannya ? .

    BalasHapus